Siapa bilang liburan ke Singapura itu mahal?

Buat yang pertama kali ke luar negri, mungkin takut mahal, takut nyasar? Hahaha.. ga bakal kayak gitu. 
Singapura adalah negara maju yang paling dekat dengan Indonesia. Jadi kalau mau suasana yang bedaaa banget sama Indonesia, then go to Singapore !!!



Berikut stepnya untuk jalan jalan murah ke luar negri terutama ke Singapura.




Passport

Siapin passport. Buat yang pertama kali ke luar negri, harus bikin passport dulu ya. Browsing di google gimana cara buat passport, atau cek di web imigrasi 



Budget Airline

Of course harus naik pesawat donk !! masa iya mau naik onta.. 
Jadi mulailah browsing airline murah beberapa bulan sebelumnya. Ada Air asia, ada Jet StarTiger air. Cek web mereka untuk lihat harga promo.

Penginapan murah Hostel
Yup.. HOSTEL.. bukan hotel. Ga pake bintang empat ato lima bahkan tujuh.
Ini tempat penginapan murah buat backpacker. Apalagi buat yang pergi rame-rame. Karena hostel sistemnya dormitory alias kayak asrama gitu deh.. Satu kamar bisa ber 2 atau 3 untuk private. Kalau mau gabung dengan penghuni lain bisa yang sekamar ber 4, 6, 8, 10, 12 juga ada loh. Dan kamu bisa kenalan dengan mereka yang notabene adalah turis juga kayak kita.. mungkin orang bule, mungkin juga sesama asia.. dan kita bisa practice bahasa Inggris sama mereka.
Ada ABC Hostel ( dulu cuma di jalan Bugis, tapi sekarang sudah banyak cabangnya ), Beary Good ( juga sudah banyak cabangnya ) dan banyak lagi hotel lainnya kamu bisa cari di www.hostelworld.com
Walaupun cuma hostel, tapi kebersihannya T.O.P.B.G.T. deh

Uang
Sebelum berangkat jangan lupa tukar uang Rupiahmu dengan Singapore dollar. Tapi ga usah khawatir di airport Changi juga banyak money changer. Tapi sebaiknya tukar di Indonesia karena ratenya lebih bagus dibandingkan dengan di sana.



Transportasi di Singapura

jangan lupa beli EZ-Link card di ticket office stasiun MRT, harga ez link $12 yang berisi $7 dan $5 untuk harga kartunya, bisa dipakai untuk jangkau waktu 5 tahun, dengan modal ezlink card itu nantinya kita bisa muterin singapura sampai gempor dengan MRT atau bis dan sudah ga bayar lagi. Kecuali kalo saldonya abis ya harus di top up lagi donk.
Jangan lupa kartu itu kalau pulang disimpan baik baik, kalau nanti mau kesana lagi sudah ga usah beli. Kalau mau dikembalikan juga bisa sih, nanti sisa deposit akan direfund.

Tempat yang harus dikunjungi
Merlion park, disini ada patung singa laut yang menjadi trademark Singapura.. kalau ga foto disini namanya belum ke Singapura. Di sekitarnya ada marina bay sands ( disini sekitar jam 8 & 9 malam ada water fountain show ), esplanade, singapore flyer.
Surganya belanja, ada Orchad road, Bugis street, China town, Little India, Arab street, Mustafa center. Kamu bisa dapetin souvenir 3 for $10 di sana.
Karena budget minim kita juga harus cari tempat wisata yang gratis donk. Ada botanic garden. Sentosa island, disini juga ada universal studio, kita bisa foto di depan bola dunia universal tanpa harus masuk ke dalam wahananya, free koq.
Changi airport juga banyak yang bisa diexplore dari terminal 1 - 3.



Kuliner di Singapura

Jangan Khawatir kita akan kelaparan karena liburan ke singapura bisa menjadi wisata kuliner yang tidak terbatas dan harga terjangkau.

Berbagai macam kultur budaya dengan mayoritas Melayu, India , China, dan Indonesia, memudahkan kita untuk beradaptasi dengan berbagai jenis santapan.
Harga untuk satu menu, seperti nasi Lemak (lauk ayam/telur ceplok) seharga S$2 .

Kalau mau agak mahalan bisa cobain chili crab.. mirip kepiting saos padang tapi dengan cita rasa yang beda... pokoknya endesss deh !!

Cobain uncle ice cream di sepanjang jalan Orchad. Ice cream potong dengan balutan wafer atau roti tawar seharga S$1 atau S$1.2. Aku sebut uncle ice cream karena yang jual rata-rata bapak - bapak yang sudah berumur, dan jangan salah meskipun mereka jualan di pinggir jalan, tapi ada sertifikasinya loh.


Yang ga boleh di Singapura
Ga boleh buang sampah sembarangan, nyebrang sembarangan, meludah, makan di dalam bus atau MRT, dijamin anda akan kena denda.
Jangan salah, walaupun di sepanjang jalan kamu ga akan ketemu dengan polisi Singapura, tapi kamera ada dimana mana. Makanya warganya tertib semua.
Andai.. Jakarta seperti itu ya.. hmmm..

TIPS
Berpergian ke luar negri sebaiknya jangan pas high season ( hari liburan sekolah, libur lebaran, natal / tahun baru ) karena biasanya tiket airline muahal dan penginapan belum tentu bisa dapat, kecuali kamu bookingnya dari 6 bulan sebelumnya.. 



Warga Singapura serba tertib dan buru-buru, apalagi kalau kamu mau naik MRT saat jam pergi/pulang kantor.. wah peeenuh banget.. Karena banyak yang buru-buru, maka saat kamu naik/turun eskalator sebaiknya berdiri di sebelah kiri, karena sebelah kanan untuk orang yang mendahului.




Yang harus dibawa :

1. Passport
2. Tiket Pesawat
3. Bukti booking hostel
4. Pulpen
5. Uang
6. Kamera
7. Botol air ( kenapa? air mineral di Singapura itu mahal loh.. kalau ada botol air kita bisa isi gratis di Changi airport, perpustakaan atau tempat wisata )
8. Baju ganti of course..
And let's go to SINGAPURA !!

Hi.. pls comment if this info helped you. Sangat menyenangkan bertemu teman baru ^_^V

0 Comments:

Post a Comment

Search This Blog

Total Pageviews