Liburan ke Singapore 2011

Sebenernya sudah beberapa kali ke Singapore, tapi lagi pengen cerita soal trip yang pertama.. Singapore is so excited and made me wanna come back again and again.
ceritanya sih dah agak lupa mungkin karena faktor U kali ye.. memory udah terbatas..
Here we go.

Year 2011.

First time ke luar negri di taun 2011 adalah SINGAPURA !!! YAY !!
Bermula dari iseng-iseng browsing air asia promo.. eh dapet promo murah banget.. dengan modal nekat ( passport expired ) maka di book lah itu tiket dan ngajak temen-temen yang lain akhirnya berangkat bareng dengan suami dan 2 orang teman, salah satu teman bawa mamanya jadi total kami ber 5.
Trus mulai cari tempat nginep murah di Singapura, modal minim cari tempat nginep yang khusus backpacker. Dari browsing sampai baca buku 500rb keliling Singapore by Claudia Kaunang,  akhirnya pilihan jatuh ke ABC HOSTEL. ini alamat webnya. Karena kami berangkat ber5 maka kami cari kamar untuk ber5 dan ternyata mereka juga menyediakan private room untuk ber5 dengan harga $24 / orang/malam.
Udah beres.. browsing lagi untuk tempat wisata di sana... dan mari brangkat !!!

Day 1
Yipiee it's time to goooo..
Schedule pesawat jam 5.30 sore, dan sampai di Singapore jam 8 malem.. ih koq lama amat ya. Gak koq, karena Singapore lebih awal 1 jam.. jadi sebenarnya perjalanan hanya 1jam 50 menit saja. Setibanya di Changi, tercengang ngeliat water tap.. wuii bisa minum dari keran, higienis ga ya? Norak banget yak. Suamiku dan salah satu teman sih udah pernah ke Singapore jadi udah gak norak lagi..
Setelah kita keluar dari imigrasi, sekali lagi tercengang.. petugas kebersihan disana adalah bapak dan ibu yang udah tua.. kasian banget sih ya. Tapi kalo mau ambil positifnya mereka beruntung masih ditampung kerja, mungkin biar ga cepet pikun juga.
Karena saking laparnya akhirnya kita santap dulu Burger king tepat di depan pintu arrival terminal 1. Setelah kenyang kita lanjutkan perjalanan ke Hostel.
Karena kita landing di terminal 1 dan mau naik MRT yang letaknya di terminal 2, maka kita harus naik skytrain dulu ke terminal 2 ( free koq ).
Lalu kita naik MRT ke arah Bugis untuk check in ke Hostel. Fasilitasnya ada lemari pakaian, air minum setiap pagi, kamar mandi shower air hangat, breaksfast sepuasnya, wifi, warnet, sampai hairdryer dan setrika.
Setelah itu kami jalan ke daerah bugis sayang kebanyakan toko sudah pada tutup. Akhirnya kami makan malam di MC D.

Day 2
Chinese garden - Merlion
Acara hari ini ke Chinese garden, sayangnya saat itu lagi ditutup karena persiapan lantern festival. Tapi akhirnya bisa masuk juga sih dengan membeli tiket turtle museum seharga 5$.
tiket turtle museum

Kata petugasnya, langsung ke lokasi ya.. jangan keliling. Tapi tetep.. ketemu spot bagus langsung foto-foto deh.

Untuk menuju chinese garden mudah sekali, tinggal naik mrt jalur hijau ( arah dari Tanah Merah ke Joo Koon ) dan berhenti pas di depan chinese garden.
Next we are going to meet the famous icon in Singapore.. si patung singa Merlion. Setelah capek foto di sebelah sana dan sebelah sini dengan gaya itu dan ini, kami lanjut ke China town. Niatnya cari oleh-oleh, tapi karena sudah terlalu malam dan beberapa toko sudah tutup akhirnya kami pulang balik ke hostel.

Day 3

Universal Studio - Sentosa
Rencananya mau beli tiket on the spot, tapi pas check in dimalam sebelumnya si penjaga hostel menawarkan ticket USS yang lebih murah. Khusus untuk tamu hostel. Selisihnya cukup lumayan.. tapi lupa angkanya.
Wah tertarik donk. Lumayan untuk penghematan.
Pagi pagi sekali kami naik MRT ke arah harbour front ( jalur ungu ) exit E keluar di Vivocity mall lalu naik ke lantai 3 menuju Sentosa dengan sentosa express. Harga tiketnya 3$.
Setelah puas bermain dan berfoto ria di dalam USS, jam 7 kami lanjutkan ke Song of the Sea. Sebuah pertunjukan gabungan antara operet dengan laser show.
Malamnya kami makan malam di Noddle star daerah Bugis. ini linknya

Day 4

China Town - Orchad - MBS
Kami kembali lagi ke China town, kali ini kami sempatkan untuk borong oleh-oleh untuk orang rumah dan teman-teman. Banyak souvenir yang dijual murah 3 for $10.. artinya 3pc = 10 sing dollar.
kami juga berkunjung ke Buddha Tooth Relic Temple & Museum yang menyimpan relik gigi dari Sang Buddha. Bangunan yang megah dan nyaman membuat kami betah di dalamnya.
Kami lanjutkan menuju Orchard. Jalan di sana seperti di Jakarta saja, karena banyak banget orang Indonesia di sana. Di sepanjang jalan Orchard ada toko-toko barang branded dan mall-mall megah seperti ION. Tak lupa mencicipi uncle ice cream. Yang sudah dibahas di sini
Sekitar jam 4 waktu Singapore, kami mulai menuju MBS untuk naik ke atas SKYPARK supaya bisa melihat kota Singapore dari puncak hotel MBS. Dengan harga tiket 20$ perorang. Saat itu beli tiketnya ngantri lumayan panjang juga. Kami pilih agak sore supaya bisa mendapatkan view saat terang dan gelap. Wah pemandangan kota Singapore memang cantik di malam hari.
view from skypark
Sebenarnya hampir sama seperti Singapore flyer, bisa melihat kota Singapore dari ketinggian tapi kami memilih skypark MBS karena harganya lebih murah, selisih 19$... hampir 2x nya kan??
Setelah puas kami kembali lagi ke China town, karena tadi saat jalan-jalan di sana kami melihat menu Chili crab yang membuat kami agak ngiler.. " wah ntar malem harus makan di sini nih ". Dan memang enak sekali, dengan porsi yang lumayan mahal yang penting kami puas..

Day 5

The last day
Hari ini acara bebas.. karena sudah terakhir mau pulang. Aku janji ketemuan dengan teman yang bekerja di Singapore. Kami diajak makan chicken rice di dekat hotel Raffles namanya Sin Swee Kee restaurant.
Setelah itu saatnya pulang.. ga lupa foto dulu di depan Hostel.

Note :

untuk yang pertama kali pengen keluar negri, memang harus ke Singapura, karena Singapura adalah negara maju yang paling dekat sama Indonesia. Akan terasa beda banget sama Indonesia.
PS. Dedicated this post to Irwan's mom.. a lot of sweet & fun memories with her.. Miss her so much.